Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RTL KMD Kwaran Cabang Kab. Indramayu di Kwaran Ranting Kec. Sukagumiwang tahun 2017

RENCANA TINDAK LANJUT ( RTL )
KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA KABUPATEN INDRAMAYU
DI KWARTIR RANTING KECAMATAN SUKAGUMIWANG





Diajukan untuk Memenuhi Ssalah Satu Syarat Sebagai Pembina Pramuka Mahir serta untuk Mendapatkan Surat Keterangan Telah Menyelesaikan Nara Karya I





Oleh:
ALMUNTASIR LIDINILLAH
NTA : 12.16.0197



GERAKAN PRAMUKA
KWARTIR RANTING KECAMATAN SUKAGUMIWANG
KWARTIR RANTING KABUPATEN INDRAMAYU
TAHUN 2017



LEMBAR PENGESAHAN


Rencana Tindak Lanjut ( RTL ) Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) di Kwaran Kec. Sukagumiwang ini telah disetujui dan disahkan pada :

Hari              : ....................................................
Tanggal         : ....................................................
Tempat         : ....................................................

Dan dinyatakan telah memenuhi syarat untuk memperoleh ijazah Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar ( KMD ) Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kab. Indramayu Tahun 2017 di Kwartir Ranting Kec. Sukagumiwang.

                                                                                    Indramayu, .......................
Pimpinan Kursus,                                                        Pelatih Pendamping,



KASMITA, S.Pd., LG                                              RD. MAMAN, MT

Mengetahui,
Kepala Pusdiklatcab Kab. Indramayu,



Drs. H. SUMARTO RS, LG







KATA PENGANTAR

          Pertama-tama kami panjatkan puji dan syukur kepada Allah  SWT bahwasanya kami dapat menyelesaikan Rancangan Tindak lanjut ( RTL ) Gerakan Pramuka pasca Kursus Pembina Mahir Tingkat dasar ini

            Madrasah Aliyah ( MA ) Al-Syarifiyah Bondan Tahun Pelajaran 2017 / 2018. RTL ini disusun dengan maksud untuk dijadikan pedoman operasional dan pelaksanaan kegiatan atau pun latihan sehari-hari agar dapat tercipta pola pelatihan yang sistematis.

            RTL yang kami sajikan berisi uraian mengenai program kegiatan yang akan dilaksanakan untuk tahun 2017/2018. RTL ini dimaksudkan untuk memberikan deskripsi mengenai Program Kerja Gerakan Pramuka MA Al-Syarifiyah Bondan selama satu tahun ke depan, sehingga dapat dijadikan pegangan dan dasar dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan Gugus depan dan Kwartir Ranting Kec. Sukagumiwang.

            Akhirnya kami ucapkan terima kasih kepada :
1.     Kak. Drs. H. Supendi, M.Si selaku ketua Kwarting Cabang Gerakan Pramuka Kab. Indramayu
2.     Kak. Drs. H. Sumarto, RS selaku kepala PUSDIKLATCAB Gerakan Pramuka Kab. Indramayu
3.     Kak Kasmita, S.Pd., LG, selaku Pimpinan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar di Kwaran Sukagumiwang tahun 2014
4.     Kak H. Usuf Afandi S.Pd. selaku ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kec. Sukagumiwang
5.     Kak RD. Maman, MT, Selaku Pelatih pendamping
6.     Jajaran pusdiklatcab Kab. Indramayu beserta panitia pelaksana yang telah melakukan kegiatan KMD di Kwartir Ranting Kec. Sukagumiwang Tahun 2014
7.     Kepala MA Al-Syarifiyah Bondan yang telah memberikan bimbingannya
8.     Rekan-rekan Peserta KMD Kwarcab Kab. Indramayu di Kwaran Ranting Kec. Sukagumiwang Tahun 2014 serta kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan Rencana Tindak lanjut ini, dan kami mohon kepada Allah SWT semoga kita semua senantiasa diberikan petunjuk dan bimbingan-Nya sehingga dalam melaksanakan tugas mendapat kekuatan lahir dan batin. Tak lupa saran dan kritik sangat kami nantikan.


                                                                                                        Terima Kasih.




                                                                                                        Penulis




DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN .................................................................................. ii
KATA PENGANTAR  ......................................................................................... iii
DAFTAR ISI ........................................................................................................ iv
BAB I        PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang .............................................................................. 1
1.2  Dasar Hukum  ............................................................................... 2
1.3  Tujuan ........................................................................................... 2
BAB II       PROFIL GUGUS DEPAN
2.1  Organisasi Gugus Depan .............................................................. 3
2.2  Administrasi Gugus Depan ........................................................... 4
2.3  Kegiatan Kepramukaan ................................................................ 7
2.4  Pelantikan .................................................................................... 13
2.5  Perkemahan .................................................................................. 14
BAB III      RENCANA TINDAK LANJUT
3.1  Pengertian  .............................................................................. .... 15
3.2  Rencana Tindak Lanjut Kegiatan  ............................................... 15
BAB IV       KESIMPULAN DAN SARAN
4.1  Kesimpulan .................................................................................. 16
4.2  Saran ............................................................................................ 16
Daftar Pustaka



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang

Gerakan Pramuka adalah salah satu Gerakan (lembaga) Pendidikan yang komplementer (melengkapkan pendidikan yang didapat oleh anak/remaja/pemuda di rumah, keluarga, dan di sekolahnya) pada segmen yang belum ditangani oleh lembaga pendidik yang lain dan pelaksanaannya menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan; di alam terbuka, dan yang sekaligus menjadikan upaya “Self education” bagi dan oleh anak/remaja/pemuda/ pramuka itu sendiri. Pendidikan kepramukaan adalah proses pendidikan yang praktis, di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga yang dilakukan di alam terbuka dalam bentuk kegiatan yang menarik, menantang, menyenangkan, sehat, teratur dan terarah, dengan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya adalah terbentunya watak, kepribadian dan akhlak mulia. (ART GP Pasal 8 Ayat 1). Pendidikan Kepramukaan bagi anggota dewasa melalui beberapa tahapan yang harus dilalui diantaranya; Kursus Pembina Mahir Dasar (KMD), Kursus Pembina Mahir Lanjutan (KML), Kursus Pelatih Dasar (KPD), dan Kurus Pelatih Lanjutan (KPL). 
Rencana Tindak Lanjut atau yang biasa disebut dengan RTL ini adalah produk karya tulis sebagai pembina Pramuka setelah mengikuti KMD (Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar).  Setelah mengikuti KMD, seorang pembina harus melakukan pemantapan lanjutan untuk menjadi seorang Pembina Mahir, dan menuangkan rencana tersebut dalam sebuah action plan. Rencana ini berupa perencanaan kegiatan perorangan dan merupakan tali pengikat peserta KMD atas komitmen dan pengabdiannya terhadap masyarakat melalui Gerakan Pramuka. Penulis sendiri juga telah benar-benar melaksanakan Rencana Tindak Lanjut (RTL) ini di Madrasah Aliyah ( MA ) Al-Syarifiyah Bondan, yang beralamat di jalan Bukit Sejahtera Kelurahan Majasari Kecamatan Prabumulih Selatan tersebut. Seperti yang telah kita ketahui kepramukaan adalah proses pendidikan dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan. Oleh karena itu dalam portofolio ini membahas tentang Rencana Tindak Lanjut (RTL) di Madrasah Aliyah ( MA ) Al-Syarifiyah Bondan.

1.2  Dasar Hukum
1.    Undang – Undang No 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka         
2.    Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 283 tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka
3.    Keppres RI No.104 tahun 2004 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
4.    Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 086 tahun 2005 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
5.    Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Sukagumiwang Tahun 2017

1.3  Tujuan
Tujuan penulis karya tulis ini adalah :
a.  Sebagai salah satupedoman pelaksanaan kegiatan kepramukaan di pangkalan MA  Al-Syarifiyah Bondan.
b.  Sebagai arah kegiatan dalam pelaksanaan kegiatan kepramukaan di pangkalan MA  Al-Syarifiyah Bondan.
c.  Untuk memenuhi persyaratan memperoleh sertifikat  setelah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) di Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kec. Sukagumiwang Tahun 2014.


BAB II
PROFIL GUGUSDEPAN

Penulis adalah seorang Guru di MA Al-Syarifiyah Bondan, yang sudah mengikuti KMD (Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar) yang harus melakukan  pengabdian masyarakat sebagai rencana tindak lanjutnya. Dalam Rencana Tindak Lanjutnya penulis memilih MA Al-Syarifiyah Bondan dikarenakan sekolah tersebut adalah naungan sekolah penulis dalam mengabdi sebagai guru.
Madrasah Aliyah ( MA ) Al-Syarifiyah Bondan Terletak di Kec. Sukagumiwang tepatnya di Blok Wideng Rt/Rw : 13/07 Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang. Sebelum saya mengajar di Sekolah ini, Gerakan pramukannya sudah aktif, tapi struktur kepengurusannya masih belum terbentuk secara tetap, siswa sudah mengenal pramuka tetapi masih sama pengenalannya dengan anggota pramuka setingkat SMP/MTs.. Siswa di sekolah ini memang tidak terlalu banyak setiap kelas siswanya rata-rata 40 siswa dan tidak semuanya mengikuti organisasi pramuka karena ada organisasi lain yaitu : Palang Maerah Remaja ( PMR ) dan Paskibra.

2.1     ORGANISASI GUGUS DEPAN
Berbekal Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar (KMD) yang saya ikuti, saya berencana melakukan RTL di sekolah ini agar Gerakan Pramuka di Sekolah ini dapat menimbulkan/ menghasilkan bibit-bibit anak bangsa yang berkualitas melalui kegiatan kepramukaan.

2.2 ADMINISTRASI GUGUS DEPAN

2.2.1  Program Kerja Tahunan

Merupakan rencana kegiatan yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan selama satu tahun. Prota ini dijabarkan menjadi 3 tahapan yang masing-masing belaku selama 4 bulan (caturwulan) Pelaksanaannya dapat dilakukan menurut skala prioritas, mana yang perlu didahulukan sesuai dengan kondisi tadik dan lingkungannya.
NO
Kegiatan
Bulan
Ket
1
2
3
4







2.2.2    Program Kegiatan Mingguan

Memuat runtutan kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktu latihan rutin.
PROGRAM KEGIATAN MINGGUAN
Hari, tanggal      :               
Tempat               :              .
NO
Kegiatan
Acara Pengganti
Keterangan




2.2.3    Buku Induk Anggota

Buku induk anggota sebagai penertiban data, memuat data diri anggota serta tingkat kecakapan anggota. Format seperti di bawah ini:
NO
NTA
NAMA ANGGOTA
AGAMA
TEMPAT, TGL LAHIR
ALAMAT
NAMA ORANG TUA








PEKERJAAN
Dilantik Tanggal
Mendapat TKK tanggal
Ramu
Rakit
Terap
1
2
3
4
5









2.2.4 Buku presensi (kehadiran)

Buku ini dipakai ketika latihan rutin, untuk mengecek kehadiran anggota di tiap regu.
Buku Kehadiran
Sangga            :                                              
Hari, tanggal   :                                              
NO
Nama
Jabatan dalam regu
Hadir
S
I
A
Paraf








2.2.5    Buku Iuran dan buku tabungan

Buku ini dapat disatukan dengan buku presensi.
Buku Kehadiran
Sangga            :                                              
Hari, tanggal   :                                              
NO
Nama
Jabatan
Hadir
S
I
A
Iuran
Tabung-an
Paraf










2.2.6    Buku Agenda Latihan

Buku Agenda memuat kegiatan yang dilaksanakan ketika latihan.
NO
Kegiatan
Waktu
Tempat
Peserta
Biaya
Ket







2.2.7 Buku Catatan Rapat (Notulen)

untuk mencatat hal-hal penting ketika pertemuan, rapat, atau pengarahan dari pembina.
Hari/ tanggal         :                                        
Waktu                   :                                        
Tempat                  :                                        
Acara                     :                                        
NO
Permasalahan
Pemecahan
Keterangan





2.2.8    Buku Inventaris

Untuk mencatat perbendaharaan benda dan peralatan Gudep.
NO
Barang
Klasifikasi
Jumlah
Keadaan (B/RR/RB)
Sumber
Ket








2.2.9    Buku Log

Buku ini mencatat peristiwa atau kegiatan penting yang terjadi di gugus depan.
NO
Tanggal
Catatan
Keterangan





2.2.10 Buku Catatan Pribadi

merupakan catatan rahasia tentang tadik yang dipegang oleh pembina.
NO
nama tadik yang teramati
Catatan
Keterangan





2.2.11 Buku Upacara Pelantikan

untuk mencatat kegiatan pelantikan.
NO
Hari, tanggal, waktu
tempat
nama terlantik
pelantikan tingkat
pembina pelantik
Ket







2.2.12  Buku Tamu

Buku ini mencatat tamu yang berkunjung ke Gugus Depan, berisikan maksud dan tujuan serta saran-saran dari tamu.
NO
Hari, tanggal, waktu
nama/ alamat
jabatan
maksud
kesan dan pesan
Ttd







2.2.13 Buku ekspedisi

Buku untuk mencatat keluar masuk surat
NO
No. Surat
Tanggal Surat
Perihal
Tujuan
paraf
ket








Dengan penertiban administrasi, diharapkan akan menunjang kelancaran dan keberhasilan kegiatan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

2.3  KEGIATAN KEPRAMUKAAN
Kegiatan dalam kepramukaan diselenggarakan dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah dan mengandung pendidikan.  Dilaksanakan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan, yang pada akhirnya akan membentuk watak, akhlak, dan budi pekerti yang luhur.
Kegiatan-kegiatan tersebut adalah kegiatan yang merangsang peserta didik untuk lebih tahu, meningkatkan ketangkasan, dan membentuk akhlak dan moral yang baik sesuai dengan kode kehormatan gerakan pramuka.
a) Upacara
Upacara adalah serangkaian perbuatan yang ditata dalam suatu ketentuan peraturan yang wajib dilaksanakan dengan khidmat, sehingga merupakan kegiatan yang teratur dan tertib, untuk membentuk suatu tradisi dan budi pekerti yang baik. Macam-macam upacara yang dilaksanakan yaitu :
·      Upacara pembukaan dan penutupan latihan
·      Upacara pelantikan
·      Upacara kenaikan tingkat
·      Upacara pemberian TKK
·      Upacara pindah golongan
Unsur-unsur yang menjadi prinsip dalam pelaksanaan upacara adalah :
(1). Bentuk barisan, sesuai dengan perkembangan peserta didik. Dalam hal ini Pramuka penegak  menggunakan bentuk barisan angkare atau berbentuk seperti ladam.
Gambar 2. Bentuk barisan upacara dalam satuan penegak
Bentuk barisan setengah terbuka seperti ini mempunyai makna, bahwa dalam pelaksanaan pembinaan anggota Pramuka penggalang tidak sepenuhnya dilepas, tetapi masih dalam pengawasan pembina.
(2) Pengibaran Bendera
(3) Pembacaan Pancasila
(4) Pembacaan Kode Kehormatan
(5) Adanya Doa
   (6) Dilaksanakan dengan khidmat dan sungguh-sungguh
Jalannya upacara (dalam buku ini penulis hanya menjelaskan upacara pembukaan latihan saja) pembukaan latihan sebagai berikut :
·         Pratama memeriksa kerapian peserta upacara, dalam bentuk barisan bershaf.
·         regu petugas upacara mempersiapkan perlengkapan upacara
·         Pratama memberikan aba-aba berkumpul untuk membentuk barisan angkare di hadapan tiang bendera.
·         Pratama mengecek kesiapan para petugas upacara, lalu menjemput pembina.
·         Pembina mengambil tempat di hadapan pasukan, para pembantu pembina berada di belakang pembina dalam bentuk bershaf.
·         Setelah memimpin penghormatan, Pratama menyerahkan pasukan kepada pembina upacara, kemudian kembali ke tempatnya semula.
·         Pengibaran bendera merah puith oleh petugas, seluruh peserta upacara melakukan penghormatan.
·         Pembina membacakan Pancasila ditirukan oleh anggota pasukan
·         Pembacaan dasa dharma oleh salah satu  anggota pasukan.
·         Kata pengantar pembina tentang tema latihan dan sebagainya.
·         Pembina memimpin doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing
·         Pasukan diserahkan kepada Pratama untuk dilanjutkan  ke acara selanjutnya.
·         Pratama memimpin penghormatan kepada pembina.
·         Pembina mengucapkan terima kasih kepada para pembantunya
·         Pratama membubarkan pasukan, dan siap mengikuti kegiatan latihan.


b) Materi Teknik Kepramukaan

Teknik Kepramukaan, yang selanjutnya disebut tekpram,  menjadi ciri khas gerakan pramuka. Hal ini tidak dapat kita temui pada organisasi-organisasi yang lainnya. Materi tekpram yang akan diberikan kepada peserta didik diantaranya :                       Gambar 3. Baris Berbaris

1.
Baris-berbaris
:
merupakan bentuk latihan gerak dasar yang diwujudkan dalam rangka menanamkan sikap disiplin, tanggung jawab, kekompak-an, kebersamaan
2.
Semaphore
:
cara mengirim berita dengan menggunakan isyarat sepasang bendera. menanamkan kebersamaan, ketangkasan, dan melatih daya ingat
3.
Morse
:
sebuah sistem pengkodean huruf yang ditemukan Samuel Finley Morse. terdiri dari kombinasi titik (dots) dan strip (dashes)
4.
Tali temali
:
gerakan Pramuka sedunia menyebutnya Knotting, kita menyebutnya simpul, yang berarti seni menggunakan tali atau bahan elastis lainnya. Dipergunakan oleh para pelaut dan para perambah (pioneer) untuk mempermudah pekerjaannya.
5.
Sandi Pramuka
:
berasal dari bahasa Sanksekerta yang berarti rahasia. Merupakan tulisan rahasia yang hanya dimengerti oleh anggota Pramuka saja.
6.
Kompas
:
alat untuk menentukan arah mata angin, digunakan oleh pelaut, penerbang, pem-buru untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lainnya
7.
Mapping
:
disebut juga cartography yaitu cara pem-buatan peta. melatih kejelian, cinta ling-kungan, dan kebersamaan
8.
PPPK dan Kesehatan
:
Pertolongan Pertama pada Kecelakaan, menanamkan sikap rela berkorban, cinta sesama, dan peduli kesehatan lingkungan





c)  Penjelajahan

Penjelajahan/ lintas alam, bagi peserta didik merupakan kegiatan di alam terbuka yang menarik, menantang yang dapat mengembangkan kecintaan kepada alam dan menambah wawasan tentang lingkungan. Bagi Pembina Pramuka, penjelajahan dapat difungsikan sebagai media pendidikan untuk mengembangkan kepribadian serta watak peserta didik.
Kegiatan penjelajahan dapat diramu dengan kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dan terintegrasi dengan kegiatan pokok. Antara lain:
·           Membaca peta medan (topografi)
·           Menggunakan kompas
·           tanda jejak
·           memecahkan sandi dan isyarat
·           menduga
·           Praktek membalut (P3K)
·           halang rintang
·           dll
Kegiatan penjelajahan yang disusun dan direncanakan dengan baik akan menanamkan dan mengembangkan sikap: Kepemimpinan, demokratis, kekompakan, kemandirian, self confidence, ketangkasan, administrasi, pengetahuan dan pengalaman. Oleh karena itu kegiatan in dilaksanakan secara berkala dalam gugus depan atau pun bersama dengan gugus depan lain.

d) Kegiatan Bakti Masyarakat

Salah satu janji pramuka dalam Trisatya berbunyi ”menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat” sehingga kegiatan bakti masyarakat merupakan kegiatan kepramukaan yang menjadi media penanaman dan pengamalan kode kehormatan. Istilah Bakti Masyarakat itu sendiri mengandung arti mengerjakan sesuatu secara sukarela untuk kepentingan masyarakat.
Kegiatan ini disusun bersama antara pembina dan peserta didik, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
·           Mengadakan observasi lokasi yang akan dijadikan objek bakti masyarakat.  Hal in berguna untuk menemukan kondisi, kebutuhan, potensi, budaya masyarakat serta unsur penunjang bahkan kendala di lapangan.
·           Menyusun panitia pelaksana kegiatan.
·           Pendekatan dengan Kepala Desa atau tokoh masyarakat setempat.
·           Menggali sumber dana yang mungkin dapat mendukung program bakti masyarakat.
Kegiatan bakti masyarakat dilaksanakan secara serentak oleh seluruh anggota, tidak dalam acara perkemahan, tetapi dalam kegiatan latihan rutin. kegiatan yang dilaksanakan diantaranya : kebersihan lingkungan, kebersihan tempat ibadah, kebersihan sekolah, penghijauan dsb.

2.4. Pelantikan

Upacara pelantikan merupakan serangkaian upacara dalam rangka pemberian pengakuan dan pengesahan terhadap seorang pramuka atas prestasi yang telah dicapainya.
Setelah peserta didik mengalami pelantikan, maka ia sejak saat itu menjadi seorang penggalang, anggota gerakan pramuka sedunia. Makna yang terkandung bagi peserta didik adalah memiliki tanggungjawab, hak dan kewajiban sebagai anggota pramuka. Selain itu akan meningkatkan kepercayaan dirinya karena ia telah diakui mempunyai kemampuan dan berhasil dalam usahanya.
Setelah kegiatan penataan administrasi gudep dan pelaksanaan kegiatan kepramukaan -yang telah dikemukakan di atas- diharapkan dalam rentang waktu tiga bulan semenjak Kursus Pembina Mahir Lanjutan akan menghasilkan 10 anggota pramuka tingkat Ramu atau satu regu pramuka.

2.5. Perkemahan

Berkemah merupakan kegiatan di alam terbuka yang penuh dengan muatan pendidikan, yang akan mengembangkan proses pendidikan mental, moral, fisik, intelektual, emosi dan sosial.
Perkemahan bertujuan menerapkan prinsip dasar kepramukaan dan kode kehormatan dalam kehidupan peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangan jiwa mereka.


BAB III
RENCANA TINDAK LANJUT

3.1  Pengertian
           
Berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia (1999:833) kata rencana bersinonim dengan rancangan, rangkaian, atau konsep. Sedangkan kata tindak (1999;1058) berarti langkah, perbuatan. Kata tindak lanjut (1999:563) bermakna langkah selanjutnya. Jadi rencana tindak lanjut berarti suatu rancangan langkah selanjutnya.
            Berdasarkan beberapa padanan kata tersebut Rencana Tindak Lanjut adalah rangkaian perencanaan program/kegiatan yang akan dilaksanakan pada beberapa waktu kedepan setelah mengikuti kegiatan Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD).

3.2  Rencana Tindak Lanjut Kegiatan
           
Rencana Kegiatan  yang akan dilaksanakan terhadap peserta didik Madrasah Aliyah ( MA ) Al-Syarifiyah Bondan di Gugus Depan 17.067-17.068 ini tercantum dalam Program Latihan Selama 6 Bulan Tahun Ajaran 2014 / 2015.


BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

4.1  Kesimpulan
Kegiatan yang akan dilaksanakan yang merupakan action plan yang menjadi acuan dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan di gugusdepan.Karena berfungsi sebagai acuan,Rencana Tindak Lanjut ini memberikan arahan pembina dalam melangkah dan melaksanakan kegiatan kepramukaan di pangkalan atau gugusdepan yang dibinanya untuk masa-masa selanjutnya.
Kegiatan pramuka di setiap gugusdepan harus diselenggarakan dengan perencanaan,pelaksanaan,dan evaluasi yang ngan baik agar dapat mencapai hasil dan tujuan yaitu membentuk Pramuka-pramuka Indonesia yang mandiri,berkarakter,dan berjiwa patriot pancasila,serta ber-ketuhanan Yang Maha Esa.

4.2   Saran-saran
Karya tulis ini merupakan hasil dari perencanaan yang akan dilaksanakan pembina dalam melaksanakan kegiatan di gugusdepan.Setiap langkah kegiatan kepramukaan harus sesuai dengan rencana yang sudah disiapkan secara matang.karena perencanaan yang matang dan teranalisis dengan teliti diharapkan mampu menciptakan hasil yang terarah,maksimal dan sesuai harapan baik harapan pribadi,harapan gugusdepan dan harapan Gerakan Pramuka Indonesia.







DAFTAR PUSTAKA

Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka tahun 2014 / 2015.
Departemen  Pendidikan Nasional. 2009. Panduan Pelaksanaan Kepramukaan di Sekolah Dasar. Direktorat Pendidikan Dasar: Jakarta.
Kwarnas. 2007. Petunjuk Penyelenggaraan Gugusdepan Gerakan Pramuka. Kwarnas Gerakan Pramuka Jakarta.

Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka Jakarta.
http://belajarpsikologi.com/pengertian-pendidikan-karakter/
http://id.wikipedia.org/wiki/Gerakan_Pramuka_Indonesia






Posting Komentar untuk "RTL KMD Kwaran Cabang Kab. Indramayu di Kwaran Ranting Kec. Sukagumiwang tahun 2017"